Pages

Subscribe:

Sabtu, 16 Juli 2011

ARAH MATA ANGIN

A.      Arti dan fungsi
Kompas adalah bahasa Umum yang paling dikenal dan paling populer, baik nasional ataupun internasional. Nama “Kompas” digunakan untuk sebuah alat yang dapat menunjukan arah, sudah banyak dikenal. Di Indonesia istilah yang mungkin sama walaupun tidak sepopuler kata kompas adalah “pedoman”. Namun diakui bahwa kata kompas lebih sering untuk menyebut alat tersebut daripada kata pedoman.
Seperti  yang kita ketahui , kompas atau pedoman itu mempunyai jarum yang akan menunjukan arah  atau mata angin. Kompas berbentuk bulat yang mempunyai pembagian mata sebanyak 32 buah dengan garis pembagian derajat dari 00 samapi 3590  .

B.      Pengetahuan Tentang Mata Angin
Arah mata angin di tulis dalam bahasa inggris. Namun  untuk beberapa jenis kompas yang beredar di Indonesia, terutama di Militer ada juga yang menggunakan bahasa Rusia. Walaupun dalam penulisannya berbeda, semua itu mempunyai fungsi yang sama. Untuk mengenalnya digunakan istilah dalam bahasa yang umum dan banyak digunakan dalam pembuatan kompas yaitu bahasa Inggris mata angin itu antara lain ;

1.       Mata Angin Pokok
Lambang
B. Inggris
B. Indonesia
Lambang
N
E
S
W
North
East
South
West
Utara
Timur
Selatan
Barat
U
T
S
B
  
2.       Mata Angin Tengah
Lambang
B. Inggris
B. Indonesia
Lambang
NE
SE
SW
NW
North East
South East
South West
North West
Timur Laut
Tenggara
Barat Daya
Barat Laut
TL
TG
BD
BL
                                                                       
SEBAGAI CONTOH PERHATIKAN GAMBAR


A.      Bagian-bagaian Kompas
Seperti telah kita ketahui sebelumnya, fungsi kompas adalah menunjukan arah, terutama bidang (bumi) yang datar. Macam dan jenis kompas akan dibahas kemudian. Sekarang akan kita uraikan bagian-bagian umum dari kompas tersebut.
Orang awam hanya melihat kompas berbentuk bulat dan mempunyai jarum atau hanya mengenal kompas yang khusus menunjukan arah utara magnetis. Biasanya kompas magnetis ini menunjukan arah utara magnetis, kompas seperti ini disimpan pada asesorismobil atau pada bagian gagang pisau komando.
Kompas khusus yang menunjukan arah kiblat atau kabah, biasanya di tempaatkan pada sajadah (tikar sembahyang). Juga kompas yang dipunyai orang-orang  (ustad-haji) digunakan menentukan arah kiblat untuk membangun mesjid atau mushola. Kompas ini di sediakan catatan khusus untuk penggunaannya di berbagai negara.
Sekarang marilah kita mengenal secara umum bagian dari kompas;

B.      Arah Mata Angin tambahan
Arah mata angin tamabahan yang melengkapi mata angin tambahan ini ada 16 dan sebuttanya berdasarkan mata angin pokok (A) dan mata angin tengah (B) mata angin itu adalah antara lain :
m.a
Antara
U
Dan
UTL
m.a
Antara
TL
Dan
UTL
m.a
Antara
TL
Dan
TLS
m.a
Antara
TLS
Dan
T
m.a
Antara
T
Dan
TMG
m.a
Antara
TMG
Dan
TG
m.a
Antara
TG
Dan
SM
m.a
Antara
SM
Dan
S
m.a
Antara
S
Dan
SD
m.a
Antara
SD
Dan
BD
m.a
Antara
BD
Dan
BDS
m.a
Antara
BDS
Dan
B
m.a
Antara
B
Dan
BLS
m.a
Antara
BLS
Dan
BL
m.a
Antara
BL
Dan
UBL
m.a
Antara
UBL
Dan
U

1.       Jarum Kompas ; Jarum Magnet
Jarum kompas adalah bagian penting dari kompas tersebut dari magnet. Jarum kompas ini dijaga agar tidak berkarat dengan menggunakan Minyak Bening atau ada yang menyebutkannya cairan anti static. Biasa juga ditambahkan fosfor  sebagai tanda untuk melihat kompas pada malam hari.

2.       Piringan derajat
Didalam kompas ada lingkaran yang terdiri atas garis-garis. Garis ini disebut garis pembagian skala derajat. Cara membaca skala derajat ini searah dengan jarum jam yang dimulai dari arah utara magnetis, kemudian melingkar menuju titik utara magnetis kembali.

3.       Skala piringan derajat
Skala piringan derajat ini ada bermacam-macam. Pembagian derajat internasional atau standarnya adalah seperti sudut lingkaran yaitu 3600. Kompas militer mempunyai 6.0001 : 6.3001   atau 6.4001.

4.       Rumah kompas
Yaitu tempat bagian kompas tersebut berada. Di dalam rumah kompas biasanya juga diberi minyak bening sebagai penangkal luar, selain itu juga berfungsi untuk menghindari karat. Cairan ini berfungsi melindungi kompas terutama dalam suhu antara -40 C sampai 500 C jadi, dalam temperatur yang demikian kompas masih dapat berkerja normal. Selain itu minyak bening dalam rumah kompas membuat jarum kompas bekerja lebih baik, lebih tenang.
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini


GAMBAR MACAM-MACAM KOMPAS





0 komentar:

Poskan Komentar